GprlGfG6Gpr8TSG8Gfd9GUY7TY==

9 Waktu Dianjurkan Mengamalkan Membaca Surah al-Ikhlas

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 
(Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang)

Surah al-Ikhlas, surah yang pendek dan senang dihafaz... Banyak kelebihan membaca surah al-Ikhlas, antaranya sebagai pendinding diri, dan antara ayat rukyah. Namun begitu, ada ulama mentafsir hadis, ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk amal baca surah al-Ikhlas. Berikut sembilan waktu yang dianjurkan untuk mengamalkan surah Al-Ikhlas:



9 Waktu Dianjurkan Mengamalkan Membaca Surah al-Ikhlas

Pertama: Waktu Pagi Dan Petang


Pada malam hujan lagi gelap gulita kami keluar mencari Rasulullah s.a.w untuk solat bersama kami, lalu kami menemukannya. Beliau bersabda, “Apakah kalian telah solat?” Namun sedikitpun aku tidak berkata-kata. Beliau bersabda, “Katakanlah“. Namun sedikit pun aku tidak berkata-kata. Beliau bersabda, “Katakanlah“. Namun sedikit pun aku tidak berkata-kata. Kemudian beliau bersabda, “Katakanlah“. Hingga aku berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan?” Rasulullah s.a.w bersabda, “Katakanlah (bacalah surah) QUL HUWALLAHU AHAD DAN QUL A’UDZU BIRABBINNAAS DAN QUL A’UDZU BIRABBIL FALAQ ketika sore dan pagi sebanyak tiga kali, maka dengan ayat-ayat ini akn mencukupkanmu (menjagamu) dari segala keburukan.” (HR. Abu Daud no. 5082 dan An Nasai no. 5428. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Kedua: Sebelum Tidur


“Nabi s.a.w ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surah Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surah Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surah An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari no. 5017)

Ketiga: Ketika Ingin Meruqyah (Membaca Do’a Dan Wirid Untuk Penyembuhan Ketika Sakit)


Dari ‘Aisyah r.a, dia berkata, “Apabila Rasulullah s.a.w hendak tidur, beliau akan meniupkan ke telapak tangannya sambil membaca QUL HUWALLAHU AHAD (surah Al Ikhlas) dan Mu’awidzatain (Surah An Naas dan Al Falaq), kemudian beliau mengusapkan ke wajahnya dan seluruh tubuhnya. Aisyah berkata, “Ketika beliau sakit, beliau menyuruhku melakukan hal itu (sama seperti ketika beliau hendak tidur, -pen).”  (HR. Bukhari no. 5748)

Keempat: Wirid Selepas Solat (Sesudah Salam)


“Rasulullah s.a.w memerintahkan padaku untuk membaca mu’awwidzaat  di akhir solat (sesudah salam).” (HR. An Nasai no. 1336 dan Abu Daud no. 1523. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). Yang dimaksud mu’awwidzaat adalah surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani. (Fathul Bari, 9/62)

Kelima: Dibaca Ketika Mengerjakan Solat Sunat Fajar (Qobliyah Subuh)


“Sebaik-baik surah yang dibaca ketika dua raka’at qobliyah subuh adalah Qul huwallahu ahad (surah Al Ikhlash) dan Qul yaa ayyuhal kaafirun (surah Al Kafirun).” (HR. Ibnu Khuzaimah 4/273. Syaikh Al Albani mengatakan dalam Silsilah Ash Shohihah bahwa hadits ini sahih. Lihat As Silsilah Ash Shohihah no. 646). Hal ini juga dikuatkan dengan hadits Ibnu Mas’ud yang akan disebutkan pada point berikut.

Keenam: Dibaca Ketika Mengerjakan Solat Sunat Ba’diyah Maghrib


“Aku tidak dapat menghitung kerana sangat sering aku mendengar bacaan Rasulullah s.a.w membaca surah pada solat dua raka’at ba’diyah maghrib dan pada solat dua raka’at qobliyah subuh yaitu Qul yaa ayyuhal kafirun (surah Al Kafirun) dan qul huwallahu ahad (surah Al Ikhlash).” (HR. Tirmidzi no. 431. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Ketujuh: Dibaca Ketika Mengerjakan Solat Witir Tiga Raka’at


“Nabi s.a.w membaca pada raka’at pertama: Sabbihisma robbikal a’la (surah Al A’laa), pada raka’at kedua: Qul yaa ayyuhal kafiruun (surah Al Kafirun), dan pada raka’at ketiga: Qul huwallahu ahad (surah Al Ikhlash) dan mu’awwidzatain (surah Al Falaq dan An Naas).” (HR. An Nasai no. 1699, Tirmidzi no. 463, Ahmad 6/227)

Kelapan: Dibaca Ketika Mengerjakan Solat Maghrib (Solat Wajib) Pada Malam Juma’at


“Nabi s.a.w biasa ketika solat maghrib pada malam Juma’at membaca Qul yaa ayyuhal kafirun’ dan ‘Qul ‘ huwallahu ahad’. ” (Syaikh Al Albani dalam Takhrij Misykatul Mashobih (812) mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Kesembilan: Ketika Solat Dua Raka’at Di Belakang Maqam Ibrahim Setelah Tawaf


“Lantas Nabi s.a.w menjadikan maqam Ibrahim antara dirinya dan Kaa’bah, lalu beliau laksanakan solat dua raka’at. Dalam dua raka’at tersebut, beliau membaca Qulhuwallahu ahad (surah Al Ikhlas) dan Qul yaa-ayyuhal kaafirun (surah Al Kafirun). Dalam riwayat yang lain dikatakan, beliau membaca Qul yaa-ayyuhal kaafirun (surah Al Kafirun) dan Qulhuwallahu ahad (surah Al Ikhlas).” (Disebutkan oleh Syaikh Al Albani dalam Hajjatun Nabi s.a.w, hal. 56)

Meskipun ada anjuran 9 waktu di atas. Namun membaca surah Al-Ikhlas tidaklah temaktub pada 9 waktu tersebut. Di mana pun bila-bila pun boleh membaca surah Al-Ikhlas sebagai bentuk zikir kepada Allah SWT. Wallahu a’lam.

Sumber: Islampos.com

1Ulasan

Terima kasih, lain kali komen lagi ea... ^_^
P/s: KOMEN YANG MENGANDUNGI LINK/URL AKTIF TIDAK AKAN DIAPPROVE. TQ