div id='header-inner'>

Keajaiban Penciptaan Tulang Ekor/Tulang Sulbi Manusia

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 
(Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang)

Keajaiban Penciptaan Tulang Ekor/Tulang Sulbi Manusia | Pagi Jumaat yang barakah... bangun pagi untuk buat masak bihun goreng udang pagi ni sebagai sarapan pagi... 

Seperti biasa, MF kalau memasak dan buat kerja dapur suka ada halwa telinga. Biasa buka radio, tapi tergerak hati pagi ni nak dengar ceramah di YouTube. 

Cari punya cari terjumpa ceramah Ustaz Badlishah tentang kisah Kebangkitan Manusia di Padang Mahsyar. 

Dalam ceramah tu banyak ilmu baru MF dapat. Dan salah satunya yang MF nak kongsikan pasal keajaiban penciptaan tulang ekor atau tulang sulbi manusia. 

Baru tahu rupanya manusia ada ekor. Kalau tak dengar ceramah ni tak tau pun kan. 

Keajaiban Tulang Sulbi Manusia


Keajaiban Penciptaan Tulang Ekor/Tulang Sulbi Manusia



Tulang sulbi atau tulang yang paling kukuh dan tak kan hancur sampai kiamat. Ustaz Bad cakap, kalau yang pernah gali kubur lama-lama, akan jumpa tulang ni. Dia bersinar berkilat camtu... memang tak kan hancur. 

Sebenarnya, pasal tulang sulbi ni, ada diceritakan Allah dalam al-Quran dan disebut oleh Rasulullah s.aw. dalam hadis sahih:

Tulang sulbi sering disebutkan dalam hadits yaitu, dari Abu Huairah Nabi bersabda, “Sesungguhnya bagian tubuh manusia akan rusak, kecuali “tulang sulbi”, dari tulang ini pertama kali manusia diciptakan, dan dari tulang ini manusia dibangunkan dari kematian di hari akhir..” ~ (HR. Bukhari, Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah)

Keajaiban tulang sulbi

Menurut istilah anatomi, tulang sulbi dikenal sebagai COCCYX.
Ini adalah tulang yang terakhir dalam susunan dari atas ke bawah tulang vertebra (tulang belakang) yang terletak dibahagian pinggul tubuh manusia..

Tulang sulbi ini adalah tulang yang pertama kali ketika manusia diciptakan oleh Allah SWT. Dari tulang inilah nantinya manusia dibangunkan pada hari akhir. Hebatnya lagi tulang sulbi ini tak akan hancur dimakan tanah.

Dari Abu Huairah Nabi bersabda, “Ada satu tulang yang tidak akan dimakan tanah. Mereka bertanya,”tulang apa ya Rasulullah..?”
Nabi menjawab.. ” Tulang Sulbi..” ~  (HR. Bukhari, Nasa’i, Abu Daud, Ibnu Majah)


Manusia diciptakan dari tulang sulbi

Kejadian manusia dari tulang sulbi. Ovum yang dibuahi oleh sperma disebut zigot. Kemudian pembentukan janin dimulai yaitu dari 1 sel itu membelah menjadi 2 sel dan selanjutnya setiap sel masing-masing membelah lagi dan lagi. Struktur yg pertama kali dibentuk pada janin manusia pada hari ke 14 setelah pembuahan adalah ujung ekor atau COCCYX.

Selama proses pembentukan janin yang sempurna, ujung ekor ini akan terus memanjang dan menjadi benang dasar (primitive streak) dan lingkungan dasar (notochord).

Kemudian, notochord akan membentuk kepala janin sedangkan primitive streak akan membentuk tubuh janin. Setelah ia membentuk badan dan kepala janin, pita-pita dasar ini akan mundur secara bertahap sampai ia masuk kembali ke ujung ekor (COCCYX).

Keajaiban Penciptaan Tulang Ekor/Tulang Sulbi Manusia


Eksperimen hancurkan tulang sulbi

Tulang sulbi tidak akan hancur. Seorang ilmuwan Jerman bernama Hans Spermann berhasil membuktikan bahwa sel-sel di dalam COCCYX tidak akan hancur atau musnah. 

Dalam penelitian yang dilakukan, ia menggiling tulang COCCYX hingga hancur dan memanaskannya dengan suhu yang sangat panas dalam jangka waktu yang lama. Dia kemudian memeriksa sel-sel tulang tersebut dan dan ternyata ia masih hidup dan masih utuh seperti biasa.

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasululah SAW bersabda:

"Semua bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah, kecuali tulang sulbi yang darinya ia diciptakan dan darinya dia akan dibangkitkan.." ~ (Riwayat An-Nasai, Abu Daud dan Ibnu Majah)

Seorang doktor bernama Dr. Othman Al-Djilani dan syaikh Abdul Majidmelakukan sebuah eksperimen terhadap tulang sulbi ini. Pada bulan Ramadhan 1423 atau sama dengan 2002 di tahun Masehi di Yaman.

Mereka berdua memanggang tulang punggung berikut juga dengan tulang sulbi. Dengan gas selama 10 minit hingga sampai benar-benar terbakar (tulang-tulang berubah menjadi kemerahan kemudian menjadi hitam).

Kemudian mereka berdua meletakkan potongan-potongan yang telah gosong itu pada kotak steril.

Kemudian kotak steril itu mereka bawa ke makmal terkenal di Sanaa, Yaman.

Dr. Al Olaki, juga merupakan seorang professor di bidang histologi dan pathologi diSanaa University, di Yaman. Ia menganalisa hasil potongan-potongan tulang tersebut dan menemukan bahawa sel-sel pada jaringan tulang sulbi (coccyx) dapat bertahan terhadap pembakaran.

Ternyata hanya sel-sel otot, sumsum, dan jaringan lemak saja yang terbakar. Sementara sel-sel tulang sulbi tidak terpengaruh.

Pengajaran

Berdasarkan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa:
1 – Awal kejadian manusia adalah dari tulang sulbi.
2 - Tulang sulbi begitu utuh dan tidak akan hancur.
3 - Manusia akan dibangkitkan pada hari kiamat dari tulang sulbi.

Subhanallah, Maha suci Allah. Begitu agung ciptaan-Nya. Walaupun jasad seseorang telah meninggal dunia, tetapi sel-sel dalam tulang COCCYX tetap hidup walau dimana sekalipun ia dikuburkan dan  ribuan tahun lamanya.

Manusia dibangkitkan pada hari kiamat melalui tulang sulbi. Dalam AL-Qur'an ada menceritakan tentang kebangkitan manusia pada hari kiamat. Firman Allah yang ertinya:

"Engkau memasukkan malam ke dalam siang dan Engkau memasukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup.." ~ (surah Ali I'mran 3:27)

Maka jasad-jasad akan ditumbuhkan buat kali ke dua dari ujung ekor seperti mana ia telah tumbuh untuk pertama kalinya di dalam rahim ibu.

Hebatnya kuasa Allah... Subhanallah... 

Moga bertambah keimanan kita bila kita membaca ilmu-ilmu sains dan ilmu kejadian ini... Setiap penciptaan di bumi menjadi tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berfikir. 

Wallahu'alam.

Catat Komen

2 Ulasan

  1. SubhanAllah... Baru tahu! TQ for sharing.. Apa kaitan angka 10 dengan anda? Saya ada buat segmen. Jemput join.. http://www.aimisyahirah.com/2020/10/segmen-10-blogger-terpantas-by-misya.html If tak dapat jadi yang terpantas masih ada peluang dapat hadiah misteri. :)

    BalasPadam
  2. Thanks share ilmu bermanfaat ni.

    BalasPadam

Kata-katamu, inspirasi blog ku...
Syukran Jazilan, atas bicara indah anda...
Terima kasih, lain kali komen lagi ea... ^_^

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)